Administrasi Kurikulum 2013

July 06, 2018
Administrasi K13



Sebentar lagi, tahun pelajaran 2018/2019 segera dimulai. Sebagai guru, kita dihadapi dengan persiapan administrasi yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran di sekolah. Adminitrasi guru meliputi pembuatan program tahunan (Prota), kemudian dilanjutkan dengan program semester (Promes). Selain itu, dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru wajib memahami pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang ada pada silabus. Pemetaan kompetensi ini memudahkan guru dalam menjabarkan materi pembelajaran yang akan diberikan kelas. Pemetaan kompetensi ini juga diperlukan dalam menentukan besaran kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah.

Dalam kurikulum 2013, penilaian mencakup 3 ranah yaitu aspek kognitif (KI-3), aspek sikap (KI-1 dan KI-2), dan aspek psikomotor (KI-4). Penilaian yang dilakukan guru dalam 3 ranah ini membutuhkan format penilaian yang tepat sehingga sangat membantu guru dalam melakukan penilaian secara objektif.

Mengingat banyaknya adminitrasi yang diperlukan guru, pada kesempatan ini admin akan memberikan beberapa administrasi yang bisa digunakan guru dalam menyiapkan maupun melaksanaakan proses pembelajaran.

Administrasi Kurikulum 2013 ini dibuat oleh I Made Rai Alit Sentanu. Semoga bermanfaat!

Download Administrasi Kelas Kurikulum 2013!!!








Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »